Mendesain Blog Sesuai Kepentingan

Terkadang kita bingung saat awal menentukan tampilan design blog, mulai dari menentukan warna, letak widget, serta ukuran grid yang cocok. Dan ini adalah bagaimana blog – blog besar seperti Lifehacker, Smashing Magazine, dan PSD Tuts mengatur tampilan design blognya.
Lifehacker : Each featured item gets a thumbnail image, a category, a title and a cool hover effect.
Salah satu ciri khas Lifehacker adalah the top post of the day atau artikel pilihan terfavorit pada hari itu juga. Letak artikel pilihan ini, ada di header (bagian atas) yang biasanya pada bagian itu adalah letak dari logo blog. Posisi sidebar sebelah kiri lebih kecil dari sidebar kanan. Sebelah kiri diisi dengan informasi kontak, dan sebelah kanan diisi dengan keterangan setiap artikel seperti, penulis, waktu penulisan, jumlah komentar, dan artikel terkait sesuai tag.
Smashing Magazine : Simple 3 column design. But it does get out of the way and let the content do it’s thing.
Smashing Magazine adalah salah satu contoh design blog yang menggunakan 3 kolom dengan jumlah artikel yang banyak serta daftar arsip yang panjang. Dan menurut saya, inilah tampilan design blog yang terbaik. Keunggulan lain adalah menu utama bagian atas yang merupakan kategori artikel beserta tag artikel yang sesuai kategori tersebut. Hal ini mungkin bertujuan untuk memudahkan pengunjung menjelajahi artikel yang sesuai dengan keinginan mereka.
PSD Tuts : Has a huge footer. It’s almost 640px high and at 1024px by 768px screen resolution
Sama seperti Smashing Magazine, PSD Tuts juga mempunyai banyak artikel serta daftar arsip yang panjang. Keunggulan yang dimiliki adalah navigasi yang mudah digunakan. Saat kita mengunjungi blog tersebut, dapat terlihat breadcumbs dan drop down sub-category yang tentunya sangat berguna untuk kita supaya mudah menjelajahi blog tersebut. Yang unik dari blog ini adalah tampilan design footer yang panjang dan lebarnya sama dengan layar monitor 14 inc.
Oh ternyata, intinya adalah bagaimana kita mendesign setiap point penting dan cara kita mempublikasikan point penting tersebut. Sehingga, pesan yang nantinya akan kita sampaikan ke pengunjung dapat diterima dengan baik.